Home » » Pengertian Aswaja

Pengertian Aswaja

Aswaja adalah singkatan dari istilah Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah. Ada tiga kata yang membentuk istilah tersebut:


1. Ahl, berarti keluarga, golongan atau pengikut.
2. Al-Sunnah, yaitu segala sesuatu yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Maksudnya, semua yang datang dari Nabi Muhammad Saw, berupa perbuatan, ucapan dan pengakuan Nabi Muhammad Saw. (Fath al-Bari, Juz XII, hal. 245)
3. Al-Jama'ah, yakni apa yang telah disepakati oleh para sahabat Rasulullah Saw pada masa al-Khulafa al-Rasyidun (Khalifah Abu Bakar, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib radiyallahu 'anhum). Kata al-Jama'ah itu diambil dari sabda Nabi Muhammad Saw:

"Barangsiapa yang ingin mendapatkan kehidupan yang damai di surga, maka hendaklah ia mengikuti al-jama'ah." Riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Hakim dan al-Dzahabi. (Al-Mustadrak, Juz I, hal. 77-78)


Sebagaimana telah dikemukakan oleh Syekh Abdul Qadir al-Jilani dalam kitab al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haqq :


"Yang dimaksud dengan al-Sunnah adalah apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw (meliputi ucapan, perilaku, serta ketetapan beliau). Sedangkan pengertian al-Jama'ah adalah segala sesuatu yang telah menjadi kesepakatan para sahabat Nabi Muhammad Saw pada masa al-Khulafa al-Rasyidun yang empat yang diberi hidayah rahmatullah 'alaihim ajma'in." (Al-Ghun-yah li Thalibi Thariq al-Haqq, Juz I, hal. 80)


Selanjutnya, Syekh Abi al-Fadhl bin Abdussyakur menyebutkan dalam kitab al-Kawakib al-Lamma'ah :

 
"Yang disebut Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah adalah orang-orang yang selalu berpedoman pada sunnah Nabi Saw dan jalan para sahabatnya dalam masalah akidah keagamaan, amal-amal lahiriyah, serta akhlak hati." (Al-Kawakib al-Lamma'ah, hal. 8-9)


Jadi, Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah merupakan ajaran yang mengikuti semua yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email Anda di tempat yang disediakan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Pribadi Abiza el Rinaldi

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Pribadi Abiza el Rinaldi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger